Latest News

TAMAN KERING


Salah satu kemudahan dalam membuat taman kering adalah tidak diperlukannya banyak elemen. Misalnya saja taman kering yang hanya memiliki satu pohon dengan beberapa semak-semak di sekitarnya. Bagian tanahnya ditutupi dengan bebatuan kecil berwarna putih. Terlihat sederhana, bersih, namun tetap cantik dan asri, kan?


Tanaman kecil juga terlihat cantik untuk menghias taman kering outdoor loh. Agar terlihat seimbang dengan ukuran lahan, letakkan tanaman-tanaman kecil tersebut dalam beberapa pot batu berukuran besar. Kamu bisa menyusunnya dengan menggabungkan beberapa jenis tanaman sekaligus.


Taman kering ala Jepang didominasi dengan tanaman berwarna hijau dan bebatuan saja. Desain taman ini akan cocok untuk hunian bergaya minimalis atau tradisional. Yang perlu kamu lakukan adalah membuat area rumput di bagian tengah, kemudian letakkan beberapa batu yang berukuran sedang di beberapa sudut. Setelah itu, tebarkan batu koral di sekitarnya. Agar terlihat lebih cantik, kamu bisa mengeruk beberapa bagian batu supaya tercipta garis-garis pemisah atau tekstur yang unik.


Lahan hunian tidak memungkinkan untuk kamu memiliki taman outdoor? Manfaatkanlah area bawah tangga yang biasanya tidak digunakan untuk apa-apa sebagai taman dalam rumah. Tidak perlu berukuran besar, asalkan cukup untuk meletakkan beberapa tanaman hijau berukuran kecil.

Karena berada di dalam ruangan yang tidak terkena sinar matahari, pilihlah tanaman hijau yang tidak membutuhkan banyak air dan sinar matahari untuk bertahan hidup, misalnya tanaman sukulen dan kaktus. Tutupi permukaan tanah menggunakan bebatuan agar tidak mengotori bagian dalam rumah.


Jika permukaan hunian milikmu lebih tinggi daripada permukaan jalan, kamu bisa membuat taman kering dengan permukaan berundak menyerupai tangga. Tangga ini bisa dibuat menggunakan perpaduan kayu dan bebatuan kecil. Di sekitar tangga, tanamilah sejumlah tanaman hijau mulai dari warna hijau muda hingga hijau tua.


Jika memungkinkan untuk memiliki atap terbuka di bagian tengah rumah, manfaatkanlah area tersebut sebagai taman kering. Tanamlah tanaman yang tumbuh menjulang tinggi seperti bambu, kemudian tutupi permukaan tanah menggunakan batu berwarna putih. Sebagai dekorasi, kamu bisa menggunakan bebatuan berukuran sedang dan meletakkanya di sebelah bambu.

Karena atapnya terbuka, sebaiknya gunakan dinding kaca di sekitar taman kering ini. Dengan demikian ketika turun hujan, air tidak akan membasahi area rumah. Area indoor jadi terasa lebih asri dan alami, ya?


Halaman atau taman belakang rumah bisa dimanfaatkan sebagai taman kering. Sederhana saja, kamu bisa menutupi bagian permukaan tanah menggunakan keramik dari batu alam dan isi sela-selanya dengan bebatuan koral. Kumpulkan tanaman pada satu sudut agar tidak terlihat terlalu sempit. Sebagai bonus, letakkan kursi panjang kayu di bagian sudut. Cocok untuk bersantai di pagi hari sambil menikmati kopi dan membaca koran.


Lahan yang ada pada hunian tidak memungkinkan untuk membuat sebuah taman? Kalau begitu, buatlah sebuah taman kering di dalam pot raksasa. Satu pot raksasa ini cukup besar untuk ditanami beberapa jenis kaktus sekaligus. Pilihlah kaktus dalam berbagai bentuk dan warna. Kemudian, susun kaktus-kaktus tersebut agar terlihat menarik.

Bila perlu, tambahkan dekorasi mungil seperti patung kurcaci atau batu berukuran serupa. Jika sudah selesai menyusun, pot raksasa ini bisa kamu letakkan di sudut teras atau pun di bagian dalam rumah.


Inspirasi taman kering yang terakhir tidak hanya didominasi oleh batu dan tanaman hijau, tapi juga dekorasi berupa pot yang terbuat dari tanah liat. Warna alami tanah liat ini akan menciptakan nuansa yang hangat dan alami. Pot dari tanah liat ini bisa digunakan untuk mengelompokkan jenis tanaman sehingga taman terlihat lebih rapi.



































Dan jika anda tertarik membuat taman kering di hunian rumah anda, jangan ragu untuk mrnggunakan jasa kami, kami siap membantu mewujudkan taman kering yang ideal bagi hunian rumah anda.

Hubungi Kami untuk konsultasi..!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUKANG TAMAN SURABAYA - WIJAYANATURALISGARDEN Designed by Templateism and Tukang Taman Jakarta Tukang Taman Surabaya Copyright © 2014

Gambar tema oleh Veronica Olson. Diberdayakan oleh Blogger.